Powered By Blogger

Kamis, 06 Mei 2010

SUSU KEDELAI DAN ASAM URAT

Kadar asam urat yang tinggi biasanya ditandai dengan seringnya keluhan jari-jemari tangan yang mengalami kram.
Untuk mencegah kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam tubuh,ada beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain:

* menghindari kegemukan
* mengurangi asupan makanan tinggi purin
* memperbanyak mengkonsumsi air putih
* menghindari latihan fisik berlebih
* menghindari konsumsi makanan kaya lemak
* mengurangi alkohol
* menghindari pemakain sepatu tinggi sempit
* menghindari stress

Makanan yang kaya purin antara lain adalah : udang,remis,kerang,cumi,sarden,kaldu daging,ragi,alkohol,makanan kaleng,otak,paru,jantung,hati,usus,babat, dan lain-lain.

Kadar asam urat yang normal untuk pria adalah 3,4 sampai dengan 7 mg/dl sedangkan untuk wanita adalah 2,4 sampai dengan 6 mg/dl. Dan angka kisaran dikatakan stabil jika berada di sekitar titik 5.

Lalu apa yang harus dilakukan bila kadar asam urat tinggi? British Jornal Of Clinical Pharmacology,jurnal kesehatan di Inggris menyatakan bahwa lebihd ari 80% penyakit rematik dan asam urat reda setelah melakukan terapi herbal. Sehubungan dengan ini,mengkonsumsi bubuk kacang kedelai merupakan salah satu alternatifnya.

Kandungan kalsium dan fosfor yang terdapat pada biji kacang kedelai bisa memperkuat tulang dengan meningkatkan massanya. Lalu,dengan asupan isoflavon kedelai yang rutin,jaringan sendi dan matriks tulang bisa diperbaiki. Asupan isoflavon itu bisa membuat struktur tulang menjadi kuat karena densitasnya akan ditingkatkan kembali. Kendati demikian, yang lebih penting untuk dilakukan tentu menjaga pola hidup yang sehat,seperti menjaga pola makan dengan baik,olahraga teratur,beristirahat dengan cukup meminum air putih dengan cukup,dan beberapa lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar